Guardiola Juga Punya Gaya Melatih Defensif Layaknya Mourinho

Guardiola Juga Punya Gaya Melatih Defensif Layaknya Mourinho

Jika ditanya siapa tim yang paling kuat dan ditakuti pada kompetisi Premier League musim ini, mungkin jawabannya akan jatuh pada Manchester City. Bagaimana tidak, tim yang diasuh oleh Pep Guardiola tersebut telah berhasil menyarangkan banyak gol dan hanya kebobolan sedikit gol saja sepanjang musim ini. Raihan hasil yang didapatkan oleh Manchester City juga menjadi catatan terbaik sepanjang sejarah Premier League.

 

Semenjak dilatih oleh Guardiola, performa Manchester City terus mengalami peningkatan. Hal ini terbukti dari raihan kemenangan dengan torehan gol yang besar di banyak pertandingan Premier League musim ini.

 

Namun yang menjadi sorotan publik adalah lini pertahanan Manchester City yang sangat kokoh. Tidak banyak tim yang berhasil menembus tembok pertahanan tersebut. Sangking kuatnya, gawang City hanya kebobolan tiga kali selama musim ini. Hal ini tidak lepas dengan gaya Guardiola yang senang memainkan lini pertahanan.

 

Selama menjalani karir sebagai seorang pelatih, Guardiola mengaku senang dengan gaya melatih yang menitik beratkan lini pertahanan tim. Ketika melatih Barcelona dan Bayern Munchen, ia juga terlihat fokus pada lini pertahanan timnya.

 

“Saya selalu seperti ini, saya tidak ingin bersikap sombong, tetapi ketika saya melatih Barca dan Munchen, kami juga selalu menjadi tim yang paling jarang kebobolan gol.”

 

Meski lini pertahanan City sangat kuat, Guardiola mengatakan bahwa itu bukan hanya kerja keras lini pertahanannya saja, tetapi seluruh aspek yang ada di lapangan, mulai dari penyerang, gelandang hingga pemain sayap.

 

“Clean sheet itu penting, kami juga harus memperhatikan peluang kami kebobolan. Kami menitik beratkan kepada stabilitas didalam tim. Semua aspek sangat berpengaruh dan dengan permainan yang stabil, kami dapat mengurangi resiko kebobolan gol.”

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *